Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RAHASIA MEMPELAJARI SOFTWARE ATAU APLIKASI APAPUN TANPA MENTOR ATAU GURU - PENGALAMAN PRIBADI TERBUKTI

 

Hallo, Ketikan kita mau mempelajari sebuah aplikasi atau sebuah software, lalu kita instal software atau aplikasinya.  Eh ternyata softwarenya rumit dan susah banget untuk dipelajari, jadi kita bener2 kesulitan untuk memahami apa dan bagaimana cara menggunakan tools2 yang ada di softwarenya, pengalaman saya ini mungkin bisa jadi motivasi bagi temen2 yang nggak pernah nyerah untuk bisa menguasai aplikasi atau software apapun, hingga mahir dan jago di software atau aplikasi apapun.

Satu waktu saya menemukan salahsatu software untuk membuat animasi 3 dimensi namanya 3ds Max, Ini software saya fikir pada saat itu keren banget. hingga kepikiran untuk membuat beberapa animasi ala-ala pixar atau disney gitu lah. hehe ketinggian sih..  saya terobsesi banget untuk pengen bisa dan menguasai software ini. Dan gilanya lagi saya gak ngukur diri kalau komputer saya pada saat itu masih pake pentium 2 dengan vga yang gak bagus2 amat. saya kok keukeuh banget pengen bisa.

Sebagai catatan , Saat itu internet belum se booming sekarang. bisa disebutkan youtube pun belum dikenal pada masa itu jadi saya gak bisa cari2 tutorial mengenai ini via youtube, ini problem pertama.  problem kedua: kursus2 pun baru sebatas desain grafis seperti corel draw dll sebatas untuk kepentingan dunia percetakan, gak ada yang nyampe animasi apalagi 3 dimensi, jadi praktis nggak ada yang bisa saya jadikan guru untuk belajar. Saya instal softwarenya. Setelah software ini terinstal saya coba pelajari dan ternyata software ini rumit banget susah banget, saya bener-bener nggak mengerti bagaimana caranya, bagaimana awalnya, ya pada saat itu saya instal aja softwarenya

Lalu... setelah lewat beberapa minggu masih tetep juga nggak bisa, mentok banget. Tapi bandelnya saya keukeuh pengen bisa software ini, masih pengen mempelajari, karena saya yakin softawre ini akan sangat ngebantu saya di pekerjaan nantinya. Namun kadang pikiran realistis selalu bikin bimbang, dimana ini software rumit banget susah banget dipelajarinya. terlebih mau nanya nanya ke siapa, dimana saat itu saya gak ada internet, ga ada google-googlean apalagi youtube belum serame sekarang.

Apa yang saya lakukan? Saya tidak menguninstal softwarenya saya simpen aja software itu di komputer lemot saya, biarin menuh-menuhin space juga, yang penting simpen aja dan ketika saya mentok mempelajarinya saya diamkan aja, saya diamkan beberapa bulan, beberapa tahun...

Namun entah kenapa.. ada jalannya aja, ketika lewat setahunan, saya kok kangen untuk ngulik-ngulik software itu...  saya buka lagi softwarenya, saya ulik-ulik lagi, entah kenapa kok malah saya merasa mudah untuk mempelajari software ini. dan saya ulik terus saya uilik terus.. ketika mentok saya diemin dulu, rehat dulu beberapa minggu, bahkan beberapa bulan dan ternyata ilmunya itu datang sedikit demi sedikit dan makin bertambah pengetahuan saya tentang software ini. dan kemudian setelah lewat 3-4 tahun, tidak terasa tools-tools pentingnya dari software 3 dimensi ini. yang pada awal tahun menginstal software ini sulit banget, akhirnya saya bisa menguasainya dengan mudah.

Pesan moral dari apa yang saya ceritakan disini bahwa ketika kita mau mempelajari suatu aplikasi atau software terus mentok gak ngerti-ngerti...  ya udah rehat aja dulu, diemin aja dulu softwarenya di komputer atau aplikasinya di hp, yang penting kita udah punya tekad dan ngomong ke diri kita bahwa kita pengen bisa software atau aplikasi ini.  caranya bagaimana? ya... nanti waktu akan menentukan, pada saat nanti ketika timingnya tepat.. kita akan menemukan cara2 tertentu untuk memahami dengan mudah software atau aplikasi tersebut. percaya deh..

jadi jangan ketika mentok kita langsung uninstal software atau aplikasinya, simpen aja.. jadi kalau mau bisa softwarenya, langkah pertama instal dulu software atau aplikasinya, lalu sedikit demi sedikit pelajari yang bisa dikejar oleh pemahaman kita, terlebih di masa ini kita bisa mempelajari hampir software atau aplikasi apapun via youtube. lalu dengan sabar mengikuti prosesnya. hingga tanpa sadar pada akhirnya kita sudah terbiasa dan jadi bisa bahkan mahir menggunakan software yang tadinya rumit itu.

Jadi Mulai aja dulu... langkah kemudian kita ikuti aja prosesnya,

kuncinya sabar dan tetap berusaha.

oke, gitu aja, semoga ada yang bisa diambil dari obrolan kali ini. 

Demikian, selamat beraktifitas, salam semangART

Posting Komentar untuk "RAHASIA MEMPELAJARI SOFTWARE ATAU APLIKASI APAPUN TANPA MENTOR ATAU GURU - PENGALAMAN PRIBADI TERBUKTI"