Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat dan Mudah Membuat Background Photo, Ijazah, Sertifikat, Piagam dll dengan menggunakan Pattern di Photoshop

Di Photoshop ada yang namanya Pattern, Pattern arti secara harfiahnya adalah Pola. Pola yang teratur pas dan presisi tepat pas pada tempatnya sesuai yang kita atur untuk diaplikasikan oleh Photoshop. Dan ini dilakukan secara otomatis oleh photoshop, sehingga membentuk sebuah perpaduan yang seragam dan teratur sehingga bentuknya menjadi lebih rapi dan oke.

Nah, pattern ini basa digunakan untuk background editing pada wedding photo, family foto, ataupun untuk background ijazah, sertifikat dll.

Selama ini, kita biasa menggunakan pattern dengan cara manual yaitu dengan menduplikat layer lalu menggesernya dengan mengira-ngira atau dengan mengatur  ukuran xyz-nya secara manual. Hal ini tentu saja akan membutuhkan proses yang lama, dan kadang kalau kelamaan ya bisa bikin frustasi, apalagi kalau client kita tipe gak sabaran bakalan panas nih telinga diteriakin terus khan.

Nah, kali ini saya akan share bagaimana sih membuat pattern dengan cepat?

Nah, disini saya mempunyai sebuah ornamen dengan format PNG. Format PNG karena format ini mendukung objek transparan, yang berarti backgroundnya kosong/bolong.

Langkah-langkahnya seperti ini:

1. Crop objeknya sehingga pas sesuai ukuran objek ornamennya dengan tool CROP, lalu tekan ENTER untuk APPLY tools cropnya








2. Pilih edit – define pattern

Maka akan muncul menu untuk mengisi nama pattern seperti ini

Untuk nama pattern silahkan boleh diisi atau nggak, karena secara otomatis di kolom pengisian namanya sudah terisi secara otomatis. Lalu klik “ok”

3. Buka “Layers”

4. Klik “New fill” atau “Adjustment Layer” lalu pilih “Pattern”

5. Maka akan muncul menu pengaturan Pattern fill, Lalu kita ubah pengaturan skalanya sesuai kebutuhan bisa dengan menggunakan scroll di mouse, ataupun bisa dengan mengisi angka-angka. ketika kita mengubah skala “scale” nya maka di layar kerja akan terbentuk sebuah pattern berulang sesuai skalanya, dan kita akan mendapatkan satu pola pengulangan menarik dari objek yang kita pilih di tahap awal tadi. Kita pun bisa mengubah pattern yang sudah terbentuk dengan ukuran/skala baru dengan double klik layernya.

6. Keren dan mudah kan

Pola ini bisa kita gunakan untuk membuat sebuah background yang menarik. Selamat mencoba

(ageindie)

Posting Komentar untuk "Cara Cepat dan Mudah Membuat Background Photo, Ijazah, Sertifikat, Piagam dll dengan menggunakan Pattern di Photoshop"