Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS AGAR DM ATAU CHAT DIRESPOND PENERIMA

 

"Please, jangan DM atau Chat kayak gini kalau gak mau diabaikan guys.."

Direct Message (DM) via Instagram atau Chat via WhatsApp sebenarnya hal yang sederhana dan cenderung dari kita menganggap terlalu sepele untuk dibahas. Namun sadar nggak sadar bahwa berapa banyak DM atau chat yang kadang diabaikan dan dilewarkan begitu saja oleh readers atau oleh orang yang kita DM cuma karena hal-hal ini  terabaikan.

Guys, ini adalah pengalaman pribadi yang seringkali sangat mengganggu. Ketika orang yang tidak kenal bahkan tidak pernah bertemu sekalipun tiba-tiba DM begini:

“bang…”

“P”

“P”

“Hallo Bang”

“P”

“P”

beuh.. DM atau Chat kayak gini bikin gatel, serius.

Gini loh, saya kasih solusi kalau mau nanyain sesuatu via DM agar direspon dengan baik. Btw, saya mau disclaimer dulu ya, bahwa ini hanya pengalaman pribadi, solusinya juga sangat pribadi banget. Mungkin diluaran sana ada juga yang bisa nerima hal ini, dan memilih mendiamkannya. Cuma kalau saya sih, niatnya mau jawab tapi keburu annoying banget akhirnya jadi ilfeel “ngapain sih ni orang dm ginian”

Nah menurut saya itu, kalau kamu mau nanyain sesuatu via DM sementara kamu sebelumnya gak kenal orang ini. Tapi kamu butuh konsultasinya. Saya sarankan ngomong langsung ke pertanyaanya. Gini jelasnya, misalkan kamu mau nanyain sesuatu, apa gak lebih baik kalau langsung gini:

“Bang, mohon maaf mengganggu Saya punya problem ini ..bla-bla-bla… kronologisnya seperti ini...bla-bla-bla.. Kalau abang ada waktu dan kesempatan saya sangat senang kalau abang mau menjawabnya, terima kasih”

Asal kamu tahu aja, bahwa di dunia yang luas ini tidak semua orang setiap jamnya atau setiap detiknya pegang hape main-mainin hape lalu ketika tiba-tiba ada notif langsung ngeh. Siapa tahu yang kamu DM itu orangnya lagi sibuk, atau dia lagi Silent HP karena lagi Rapat atau apalah, kalian pasti faham sendiri. Kalau nggak ngeh, nggak faham akan hal ini dan seolah-olah kegiatannya sehari-hari sama persis seperti kegiatanmu, salah besar saya kira, apalagi untuk orang yang sebenarnya nggak kamu kenal sama sekali tapi kamu butuh mau nanyain sesuatu. 

Sementara kamu cuma nge-DM dengan kata-kata “Bang…” gitu doang.. 

annoying banget.

Noh, coba bandingkan dengan DM yang cuma: “bang… bang...bang…” atau “p...p...p” apaan ini coba nggantung dan gak jelas banget.

Maksud saya gini lho, Kamu (yang nge-DM) tahu nggak, kalau yang lo DM itu lagi ngapain, atau lagi dalam kondisi apa, atau moodnya lagi gimana gitu?

Andai saja topik DM kita itu adalah hal sepele atau receh dan gak penting-penting banget, mungkin no problem dan bisa dimengerti seandainya mau skip. Tapi gimana ceritanya kalau topik yang kita mau tanyakan di DM atau Chat itu ternyata hal penting yang bener-bener kita mau mendapatkan respon dan jawabannya.

Terlebih yang mau kita DM itu ternyata orang yang nggak deket-deket amat bahkan orang yang ternyata kita nggak kenal.

Jadi, coba ubah kosakata DM-nya dengan langsung ke topik aja dan semoga saja ketika orang yang kita DM itu ada waktu luang ketika lagi pegang hp atau santai bisa menyempatkan membaca dan meluangkan waktunya untuk menjawab pertanyaan kita.

Oke deh, demikian topik kali ini, Semoga bermanfaat. age indie


Posting Komentar untuk "TIPS AGAR DM ATAU CHAT DIRESPOND PENERIMA"